Mengetahui Lebih Jauh tentang Parfum dan Jenisnya
HotNews

Anda tentu sudah familiar kan dengan wewangian yang satu ini? Parfum/minyak wangi saat ini sudah semakin dekat dengan masyarakat di berbagai kalangan. Parfum seakan menjadi pendamping tiap orang bila bepergian, aromanya yang menarik menjadi daya pikat sendiri bagi konsumen dalam memilih parfum.
Sejarah awal penggunaan parfum, bukanlah untuk memikat lawan jenis,melainkan Parfum pada awalnya dikhususkan dalam ritual keagamaan di mesir kuno, untuk menarik niat baik para dewa. Orang Mesir adalah orang yang sangat spiritual. Itu sebabnya mereka memelajari seni parfum begitu serius - mereka berpikir bahwa para dewa tersenyum pada mereka jika mereka menggunakan parfum ini.
Penggunaan parfum saat ini, bukanlah hanya dari kaum wanita saja, Pria pun sudah dapat menggunakan wewangian ini. Penggunaan parfum yang tepat dan tidak salah pilih, tentunya meningkatkan kepercayaan diri si pengguna. Berikut saya tampilkan jenis parfum agar anda tidak salah pilih

Parfum
Wewangian ini adalah wewangian paling mahal di antara jenis wewangian lainnya. Tingkat alkohol dan kadarnya jauh lebih tinggi, sehingga membuat sebuah aroma dapat bertahan lebih dari 2-3 hari. Sekali disemprot atau dioleskan, maka aroma ini akan menempel cukup lama.
Kemasannya agak berbeda dari yang lain. Dengan botol-botol eksklusif dan dikemas jarang dalam jumlah banyak. Umumnya botol kemasan kecil. Pada kemasan, biasanya akan tertulis 'Parfum', 'Perfume' sebagai tanda bahwa ia adalah wewangian yang paling tahan lama.

Eau de Parfum
Berbeda lagi dengan parfum, kemasannya mungkin mirip, namun biasanya ukuran botolnya lebih besar. Eau de Parfum, tingkat wewangiannya lebih rendah di bawah parfum. Dan wewangiannya bertahan paling kuat 2 hari.
Aromanya sama memikatnya dengan parfum, harganya juga lebih terjangkau. Hanya saja memang tidak tahan selama parfum.

Eau de Toilette
Menemukan parfum dengan harga murah? Tunggu dulu, mungkin saja memang ia jenis Eau de Toilette.
Parfum jenis ini biasanya hadir dalam bentuk spray. Digunakan untuk kegiatan sehari-hari dan memberikan kesegaran wewangian pada tubuh. Harganya jauh lebih terjangkau untuk Anda yang ingin selalu tampil wangi.
Sayangnya, wewangian dari Eau de Toilette ini tidak tahan lama. Setidaknya ia akan mengharumkan tubuh sehari saja. Selanjutnya ia harus disemprot ulang agar wanginya lebih panjang.

Eau de Cologne
Dikenal sebagai wewangian yang paling ringan dan jarang menimbulkan alergi atau komplain lain, Eau de Cologne atau kita sebut juga Cologne, harganya jauh sangat murah dan terjangkau.
Biasa dikenakan setelah berolahraga agar lebih segar, atau sebagai wewangian sehari-hari. Aromanya tidak tahan lama, biasanya hanya bertahan selama beberapa jam saja.

Sudah tahu kan mana parfum yang paling tahan lama? Untuk pemakaian sehari-hari, eau de toilette adalah parfum yang paling cocok dan ekonomis untuk Anda. Sedangkan untuk acara casual dan bernuansa sporty, sebaiknya cologne menjadi pilihan yang paling ramah di kantong.
Setelah mengetahui jenis-jenis parfum diatas, maka kita sudah bisa memilih sesuai porsi dan kebutuhan pada saat kapan untuk memakai parfum tersebut. namun untuk jenis parfum Eau de Toilette kita bisa menggunakannya kapan saja dan sangat cocok anda gunakan di setiap kesempatan.

Nah berikut ada kiat agar parfum dapat tahan lama!

1. Setelah mandi
Setelah mandi, biasanya pori-pori kulit terbuka. Itulah saat yang tepat untuk menggunakan parfum agar kulit bisa menjaga aroma wangi lebih lama.

2. Pergelangan tangan
Tahukah Anda, ternyata menggosokkan pergelangan tangan setelah memakai parfum justru tidak membuat aromanya tahan lama! Jadi setelah menyemprotkan parfum di bagian tersebut, sebaiknya biarkan saja.

3. Bagian nadi
Beberapa bagian tubuh yang menjadi titik denyut nadi adalah area yang tepat untuk menyemprotkan parfum dan membuat aromanya bertahan lebih lama. Misalnya, belakang telinga, pergelangan tangan, dan sekitar tenggorokan. Jangan menyemprotkan baju atau ke ketiak.
Cara menyemprotkan parfum yang paling benar adalah menyemprotkannya ke nadi. Pasalnya, nadi merupakan pembuluh darah yang dekat dengan permukaan kulit yang mengeluarkan panas. Cara ini bertujuan untuk membuat aroma parfum terus menyebar.

4. Bahu
Ya, benar, jika Anda semprotkan parfum pada kedua bahu Anda, maka sepanjang hari aroma ini akan membuat Anda merasa segar.

5. Tidak menyimpan parfum di kamar mandi
Selain itu, hindari juga penyimpanan parfum di kamar mandi. Tempat yang hangat dan basah dapat menyebabkan reaksi kimia pada parfum yang menyebabkan aromanya menghilang. Anda bisa menempatkan parfum di kulkas. Temperatur yang dingin akan menjaga aroma aslinya.

6. Jangan digosok
Hindari menggosok parfum yang sudah mengenai kulit, karena aromanya akan mudah hilang.

7. Perhatikan jenis parfumnya
Sebelum menyemprotkan parfum ke tubuh, kenali dulu jenis parfum yang Anda gunakan. Beda jenis parfum, beda juga cara penggunaannya. Jika menggunakan Eau de Parfum yang dilengkapi sebuah alat penyemprot, hindari penggunaan yang berlebihan, dan jangan disemprotkan ke seluruh tubuh. Cukup sekali semprot saja. Berbeda dengan body mist dan Eau de Toilette yang lebih encer, karena bisa disemprotkan beberapa kali ke seluruh tubuh.

Artikel Lainnya